Tips Mengingat

Sering kita ada didalam keadaan berusaha mengingat nama orang, tanggal atau informasi lainnya. Sesuatu yang sebenarnya sudah kita ingat, tapi entah kenapa pada saat itu, pada saat kita memerlukannya, informasi tersebut tidak muncul dari pikiran kita.

Beberapa waktu yang lalu saya membaca buku “Piece Of Mind”. Pada bagian accelerated learning, Sandy McGregor menjelaskan tips untuk mengingat apa yang sudah kita pelajari tapi pas ujian, apa yang udah kita hapal tersebut tiba-tiba saja terlupa.

Saya kemudian berpikir tips ini bisa kita pakai dalam keperluan sehari-hari, tidak hanya pada saat ujian saja, untuk mengingat apa yang terlupa.

Caranya sederhana saja. Sebelum mengingat, kita mesti membawa pikiran kita ke gelombang alpha, agar bisa mengambil ingatan yang tersmpan di alam bawah sadar kita. Ini dilakukan dengan memejamkan mata, kemudian menggerakkan bola matas keatas dan kembali ke posisi semula. Setelah itu kemudian kita berkata pada diri sendiri, menanyakan apa yang ingin kita ketahui kemudian kita bertindak seolah-olah sudah ingat jawabannya.

Setelah itu, kita kembali melakukan aktivitas yang lainnya, biasanya beberapa detik kemudian informasi itu akan mundul dengan sendirinya.
Saya sudah sering mencobanya dan memberikan hasil yang sangat baik

This entry was posted in Informasi, Personal Development and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Tips Mengingat

  1. hilda says:

    ada tips-tips lain lagi yg lebih efektif lagi ga’ untuk mengingat kembali apa yang sudah kita hafal atau pahami tapi terlupakan karena sifat yang pelupa???

  2. acahyawan says:

    Kalau memang suka lupa lebih baik sering mencatat 🙂
    Bisa juga tanya dengan yang ingat, atau kan sekarang ada internet, tinggal googling aja he..he..he..
    Kalau memang mau mencari apa yang sudah tersimpan dipikiran kita, bisa dengan hypnosis.
    Cari seorang therapist yang bisa melakukannya.

  3. John Marthin G says:

    Baca dan dengar dengan seksama….mudah nempel diingatan

  4. Henny says:

    Masalahnya sifat pelupa gue udah parah banget Jung. Gue bahkan lupa, dulu waktu di batam kita tinggal di komplek apa dan daerah apa namanya… gila kan? untung aja gue nggak lupa kalau kotanya bernama Batam… dan ada negara dekat situ yang bernama S’pore. Tapi kalau ditanya apa aja nama daerah disana, gue udah lupaaaaaaaaaaaaaaaaaaa semuanya, bahkan jembatan yang di Batam itu juga gue lupa namanya…. sekeras mungkin gue berpikir, makin lupa gue dibuatnya. Akhirnya gue nyerah… so gimana dengan gue? Masih bisa pakai teknik alpha????

  5. acahyawan says:

    Semakin keras berusaha kadang bisa bikin semakin jauh dari tujuan, burning desire kalo menurut istilah di map of consciousness itu punya level energi negatif.
    Coba kamu baca bukunya pak Adi W. Gunawan yg judulnya Hypnotherapy. Kalo lewat hypnosis, jangankan kejadian yg baru2 ini, yg kita alami sejak masih dalam kandungan aja bisa digali kembali.

Leave a Reply