Boneka Daruma

Daruma

Pertama kali saya mendengar tentang Boneka Daruma dari buku The Luck Factor karangan Dr. Richard Wiseman. Boneka Daruma berasal dari Jepang yang disana merupakan suatu jimat keberuntungan. Boneka itu dinamai sesuai dengan seorang pendeta Buddha yang menurut legenda bermeditasi begitu lama sehingga kaki dan tangannya lenyap. Boneka Daruma berbentuk bulat seperti telur dengan bagian bawah yang berat dan membulat. Bila kita mendorongnya, maka boneka itu akan berdiri tegak kembali.
Di film Tai Chi Master yang dibintangi Jet Li juga ada boneka sejenis boneka Daruma yang terbuat dari kayu. Dan disana diceritakan Jet Li memperoleh pencerahan dari boneka kayu tersebut.
Sebenarnya boneka sejenis daruma banyak dijual di pinggir2 jalan di Indonesia dalam berbagai bentuk balon yang bisa ditiup, yang biasanya dijadikan semacam sansak oleh anak-anak.
Kenapa boneka Daruma dijadikan sebagai jimat keberuntungan? Karena orang beruntung itu seperti boneka Daruma, bukannya mereka tidak pernah mengalami kesialan, tetapi sebaliknya, walaupun terjadi kesialan, orang yang beruntung akan bisa berdiri tegak kembali. Boneka Daruma, seperti ditulis di Wikipedia, juga sebagai perlambang optimisme, kegigihan, dan juga determinasi yang kuat.
Kalau di Jepang, boneka Daruma yang dijual adalah yang tanpa mata, begitu kita beli, barulah salah satu matanya dibuat. Ini sebagai pertanda suatu incomplete task, pekerjaan atau keinginan yang belum selesai. Begitu keinginan kita terwujud, barulah mata yang satu lagi dibuat.
Saya belum pernah lihat orang yang menjual boneka Daruma disini, padahal saya ingin memiliki sebuah boneka Daruma untuk ditaruh diatas meja kerja saya. Rencananya saya akan membuat sendiri boneka daruma, kebetulan beberapa waktu yang lallu dirumah ada pohon cempaka yang ditebang dan kayunya masih disimpan. Walaupun saya bukan pematung, saya rasa saya bisa membuatnya karena boneka Daruma tidaklah terlalu sulit.

This entry was posted in Personal Development and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Boneka Daruma

  1. Akhirnya jumpa juga dengan apa yang gue cara.. semalam lihat mainan seperti itu di rumah.. cuman bentuk di buat dari balon.. Cari di cari ternyata tuh namanny boneka daruma..
    Salut ama ni boneka.. selalu berdiri tegak kembali walaupun di hajar sekuat apapun.. Mudah2an kita bisa seperti boneka ini..

Leave a Reply