Social Bookmarking

Social bookmarking pada dasarnya adalah suatu cara untuk menyimpan, mengatur dan mencari bookmark dari suatu halaman internet. Disana pengunjung dapat menyimpan link ke halaman web tertentu yang ingin mereka catat atau bagikan ke orang lain. Jadi misalnya kita menemukan suatu halaman web yang menarik, kita bisa menyimpan url dari web tersebut dan membaginya ke orang lain lewat jaringan social bookmarking dengan harapan orang lain yang punya minta yang sama/atau keperluan yang sama juga bisa menemukan web tersebut melalui data yang kita simpan. Orang lain bisa menemukan bookmark ini dapat melalui kategori tag, search engine atau secara kronologis.

Berbeda dengan search engine yang biasanya mengkategorikan hasil penyimpanannya lewat folder-folder, social bookmarking biasanya menyimpan bookmark lewat tag-tag yang bisa dibuat oleh pengguna secara bebas.

Kegunaan kita submit web kita ke social bookmarking, orang akan lebih mudah menemukan web kita. Banyak web yang menyediakan icon social bookmarking dihalaman web mereka supaya pengunjung yang suka dengan halaman tersebut mau melakukan bookmark. Semakin banyak orang yang melakukan bookmark maka akan semakin kelihatan web kita.

Untuk melakukan bookmark, biasanya kita mesti melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kalau di stumble upon, kita mesti mendownload toolbar, dan dari sana kita bisa melakukan bookmark halaman web kita. Bisa juga kita datang ke web tersebut dan submit link yang kita inginkan.

Berikut beberapa list social bookmarking :

BookmarkSync
del.icio.us
Digg
Furl
Linkwad
Ma.gnolia
My Web
Newsvine
Propeller.com
Reddit
Simpy
SiteBar
StumbleUpon

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

2 Responses to Social Bookmarking

  1. I just stopped by your blog and thought I would say hello. I like your site design. Looking forward to reading more down the road.

    Robert Michel

  2. BATIK says:

    SAYA TERTARIK ISI DARI ARTIKEL INI, TAPI SAYA KURANG PAHAM APAKAH SAYA BOLEH MENSUBMIT BLOG SAYA TERUS MENERUS TAPI SAYA TIDAK MEMPOSTING ARIKEL LAGI.TRIMS

Leave a Reply