Mengenal Trackback

Trackback adalah suatu cara untuk memberitahu suatu website bahwa kita menulis dengan mengambil referensi darinya. Misalnya kita melihat blog orang yang menulis tentang sesuatu hal, dan kita tertarik untuk mengomentari tulisan tersebut. Bisa saja kita menulis komentar kita dibagian comment dari blog tersebut. Tetapi seandainya tulisan kita cukup panjang, kita bisa menulis komentar kita diblog sendiri dan memberitahu website tersebut bahwa kita menulis komentar tentang tulisan tersebut. Cara manual tentu kita tulis dibagian comment-nya, saya ada comment tentang tulisan kamu disini. Tetapi ada cara yang lebih canggih, yaitu menggunakan trackback.

Trackback jika digunakan secara bijaksana merupakan cara yang baik untuk membangun link dan juga traffic, selain tentunya menjalin hubungan dengan blogger lainnya.

Kalau kita membuat trackback, kita memerlukan link khusus untuk keperluan tersebut. Link itu biasanya terletak dibawah tulisan sebelum bagian komentar.

trackback url

Yang perlu dilakukan adalah mengklik kanan link tersebut, dan klik copy link location. Selanjutnya link tersebut dipaste pada bagian trackback saat kita menulis komentar di blog kita.

trackback

Umumnya semua blog wordpress ada fasilitas trackbacknya, tetapi belum tentu semua mengaktifkan fasilitas tersebut. Trackback yang berhasil biasanya tampak beberapa saat kemudian dibagian komentar diblog tujuan, tetapi yang mesti diingat bahwa ada kemungkinan trackback kita tidak muncul karena pemilik blog tersebut melakukan moderasi komentar, jadi tampil tidaknya trackback kita tergantung pada pemilik blog.

Disini sekaligus saya mencoba memberi contoh tulisan ini membuat trackback ke dirinya sendiri, dan hasilnya bisa dilihat pada bagian comment.

This entry was posted in Informasi, Wordpress and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal Trackback

  1. Pingback: Blog Ajung

Leave a Reply