Vasudhaiva Kutumbakam

Vasudhaiva Kutumbakam, itulah kata yang saya dengar kemarin saat menghadiri acara Sri Sri Ravi Shankar kemarin di Art Centre Denpasar. Vasudhaiva Kutumbakam diterjemahkan sebagai “Dunia Satu Keluarga” atau “One World Family”. Sebelumnya saya merasa sudah pernah membaca atau mendengar kata tersebut, tapi lupa entah dimana.

Ya, seperti yang saya tulis sebelumnya, saya akhirnya datang ke Art Center kemarin malam. Saya sampai disana sekitar jam 18.30, kendaraan sudah ramai. Sebelum masuk, saya beli minum dan kacang dulu, supaya tidak kehausan disana. Ternyata nanti dapat air mineral gratis.

Acara belum mulai, saya jadi sempat melihat-lihat barang-barang yang dijual disana. Saya beli satu buah DVD yoga. Kata yang jual, ini latihan yoga untuk panjang umur. DVDnya belum sempat saya lihat sampai selesai, baru permulaannya saja.

Ternyata acara itu banyak dihadiri oleh orang-orang dari berbagai negara, bahkan secara perbandingan, cukup dominan dibanding orang-orang lokal yang hadir. Belakangan setelah selesai acara, saya mendapat penjelasan dari Vasdhev Gobind, yang juga hadir disana, bahwa orang-orang itu adalah yang mengikuti pelatihan advance The Art Of Living yang diadakan diHotel Grand Bali Beach. Acara tersebut diadakan setahun sekali dan bersifat internasional, jadi yang hadir datang dari berbagai negara.

Acara diisi dengan pidato dari Sri Sri Ravi Shankar, lagu-lagu rohani dan juga ada acara meditasi yang dipimpin langsung oleh Sri Sri Ravi Shankar.

This entry was posted in Budaya Bali, Personal Development, Pribadi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply