Download ebook gratis dan legal

Diinternet banyak tersedia link untuk mendownload ebook yang ilegal, yang biasanya diletakkan di rapidshare. Tetapi sebenarnya ada juga tempat untuk mendownload ebook yang gratis dan legal.

Tempatnya adalah di website Project Gutenberg. Gutenberg sendiri adalah penemu mesin cetak, dan nama gutenberg yang dipakai untuk nama project tersebut. Mungkin karena dianggap karena Gutenberg dibidang mesin cetak menyebabkan buku bisa tersebar luas dimasyarakat, dan misi project ini adalah : “To encourage the creation and distribution of eBooks”.

Buku-buku yang ada di Project Gutenberg sebagian besar sudah merupakan buku yang sudah menjadi public domain yang copyright-nya sudah expired di Amerika, walaupun ada juga buku yang belum menjadi public domain, yang diberikan sendiri oleh penerbitnya ke Project Gutenberg.

Project Gutenberg mempunyai koleksi sekitar 25ribu buku gratis. Saya biasanya mencari buku-buku lama disana, yang kira-kira sudah habis copyrightnya.

Disana kita bisa mencari buku klasik Charles Darwin, On the Origin of Species By Means of Natural Selection, or, the Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life. Atau buku filsuf jaman dulu seperti Rene Descartes, Immanuel Kant jug ada. Atau yang suka novel seperti Alice in Wonderland juga ada.

This entry was posted in Informasi and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Download ebook gratis dan legal

  1. Baja says:

    Halo Jung..kunjungan balik neh..hehe 🙂
    Blog-mu keren ya..
    BTW, thanks banget atas info site buat download e-booknya. Kalo dicari via google, webnya Gutenberg Project ini bisa nemu khan ?

    Met kerja..

  2. Agung Cahyawan says:

    Ga ada linknya ya. Kok bisa ga ada, padahal seingatku udah aku pasang kok. Postingnya udah aku benerin.
    Btw ini alamatnya : http://www.gutenberg.org
    Kalo disearch dengan keyword gutenberg pasti ketemu.

  3. ajah says:

    mas, boleh kita perjualbelikan ga sih buku2 di project guttenberg

Leave a Reply