Membuat Yoghurt Sendiri

Saya memang suka minum(atau makan ya?) yoghurt. Kebiasaan ini bermula sejak saya tinggal diBandung. Disana yoghurt dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah. Banyak industri rumahan yang menjual yoghurt, dan produksinya dijual juga di super market. Biasanya saya membeli yoghurt yang plain, kemudian saya beri rasa saat saya akan meminumnya. Kadang saya campur dengan strawberry, raspberry atau sekedar diberi gula saja.

Sejak saya pindah ke Denpasar, saya tidak pernah minum yoghurt lagi. Di Denpasar yoghurt relatif mahal, mungkin karena yoghurt yang dijual disini kebanyakan produk import atau buatan merek yang terkenal. Membuat yoghurt sendiri saya rasa(waktu itu) terlalu rumit.

Beberapa hari yang lalu, saat menunggu anak sekolah di Denpasar Children Centre, saya ketemu dengan orang tua murid yang biasa membuat yoghurt sendiri. Dia bilang membuat yoghurt sendiri itu gampang kok, dan berjanji akan mengirimkan resepnya lewat email.

Emailnya saya tunggu-tunggu tidak muncul juga, mungkin karena kesibukannya, dan saya tidak bisa ketemu lagi dengannya disekolah, karena sekolah sudah libur, padahal saya sudah ngebet ingin membuat yoghurt sendiri.

Akhirnya seperti biasa, internet solusinya. Saya mulai mencari-cari cara membuat yoghurt di internet. Banyak juga yang saya temukan, mulai dari yang sederhana sampai cara yang rumit. Kemudian semua itu saya kompilasi, saya sesuaikan dengan kondisi dan peralatan yang ada dirumah.

Kemarin pagi, mula-mula saya mencari termometer untuk mengukur suhu proses pembuatan yoghurt. Memang bisa sih tanpa termometer, tapi untuk pemula, saya rasa akan lebih mudah kalau punya termometer. Termometer saya beli seharga 35rb di toko yang menjual alat-alat laboratorium.

Selanjutnya saya ke Hero untuk membeli susu dan bibit yoghurt. Susu yang saya beli adalah susu UHT supaya tidak perlu dipasteurisasi lagi. Saya menggunakan yoghurt yang sudah jadi sebagai bibit yoghurt. Dari hasil browsing, disarankan untuk menggunakan Danone atau Yummy, karena merek itu yang dipercaya masih berisi kultur aktif. Sebenarnya merek apa saja bisa yang penting ada tulisan mengandung kultur aktif dikemasannya. Oiya, disarankan membeli yoghurt plain sebagai bibit, jangan yang sudah ada rasanya.

Sebenarnya proses pembuatan yoghurt tidaklah rumit, yang penting kita menyediakan lingkungan yang menunjang perkembangan Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus sehingga nanti mikroba tersebut akan bisa menghasilkan yoghurt. Mikroba tersebut akan bekerja dengan baik pada temperatur sekitar 42-43 derajat celcius. Sebenarnya range temperatur yang diijinkan adalah 30-50 derajat celcius, tapi yang optimal adalah 42-43 derajat celcius.

Selain itu agar proses pembuatan yoghurt tidak terganggu oleh mikroba lain, alat-alat yang dipakai perlu disterilkan terlebih dahulu. Jika menggunakan susu segar, sebaiknya susu di pasteurisasi pada suhu 85 derajat celcius.

Kalau kita baca di internet, berbagai teknik dan alat dapat dipakai untuk memperoleh suhu inkubasi yang 42 derajat celcius tsb, mulai dari menggunakan kompor, termos, sampai heating pad. Kebetulan ibu saya punya panci listrik yang biasa dipakai untuk menghidangkan sayuran supaya tetap panas. Jadi saya pakai itu saja.

Proses inkubasi memakan waktu sekitar 6-10 jam, walaupun ada web yang menuliskan perlu waktu sampai 24 jam. Semakin optimal kondisi lingkungan, semakin cepat mikroba membuat yoghurt. Semakin lama waktu yang kita berikan padanya untuk bekerja, semakin kental yoghurt yang dihasilkan.

Setelah menunggu selama 7 jam, jadilah yoghurt saya. Enak juga, apalagi saya bikin jadi strawberry smoothies yoghurt. Ayo minum yoghurt…

This entry was posted in Pribadi, Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

40 Responses to Membuat Yoghurt Sendiri

  1. wahyu says:

    salam
    saya mau tanya di mana membeli panci listris trsbt dan brp harganya,sampai brp derjat panasnya,kl tdk keberatan krim ke email saya.terimakasih

  2. agung cahyawan says:

    Saya kurang tahu dimana beli panci itu, soalnya sebenarnya panci itu milik ibu saya dan sudah ada sejak saya masih kecil.
    Saya juga kurang memperhatikan apakah saat ini ada yang menjual panci yang sejenis.
    Mengenai panasnya, saya rasa bisa sampai pada suhu yang diperlukan untuk menggoreng, walaupun ibu saya tidak pernah menggunakan untuk menggoreng, melainkan hanya dipakai sebagai panci menghidangkan makanan seperti sop atau bakso agar tetap panas.
    Kalau untuk buat yoghurt lebih praktis pakai termos.

  3. mulan says:

    salam kenal,

    kalau tidak keberatan saya ingin tau urutan cara membuat yoghurt dari awal sampai selesai, dan juga daftar bahan (beserta takarannya) dan daftar peralatan yg diperlukan…

    saya ingin sekali mencoba membuat yoghurt sendiri tapi saya browsing di internet, bermacam-macam cara saya temukan, saya jadi bingung, lalu saya lihat tulisan Anda, sepertinya Anda memakai cara yg sederhana tapi kurang detail penjelasannya, tolong lebih rinci lagi ya…

    Saya tunggu balasannya..

    Terima Kasih

  4. agung cahyawan says:

    Coba saja dulu, kalau belum dicoba memang terkesan ribet, setelah dicoba gampang kok….

  5. anisa says:

    makacih banget…aku mw nyoba ni…mudahan berhasil…berhasil..berhasil..he.he….

  6. ulil says:

    boleh kirimin cara bikin yoghurt yang simpel tak..?
    boleh yaa, boleh…
    ditungggu
    makasih banyak yaa

  7. lenachang says:

    salam kenal..
    mohon bantuannya saya ingin tanya apakah benar bibit yogurt yang saya beli merek yummy makers of fine dairy products natural plain yoghurt (probiotic) trima kasih ya…

  8. anwar says:

    beli, terima kasih atas infonya. dulu waktu di bandung tinggal dimana ?

  9. agung cahyawan says:

    Saya rasa benar itu merknya.

  10. agung cahyawan says:

    Saya dulu tinggal di bojongkoneng

  11. irma says:

    sy ingin coba membuat yoghurt sendiri.Sbg pemula tlg diberitahu cara pembuatan yg plg simpel.Tq,sy tunggu balasannya

  12. gie says:

    kak, klo kya gitu,yoghurtnya g jd b’racun kn??? biz tkutnya ntr bakterinya jd blbhan atw gmn gitu,,,???

  13. hilda says:

    beli, proses inkubasinya itu dalam keadaan tertutup dr udara luar ato terbuka? Makasi banget atas infonya.Ada tambahan pakai gelatin ga?

  14. agung cahyawan says:

    tertutup. ga pake tambahan apa2

  15. widia says:

    Info yang menarik sekali. Thanks for sharing.

    Kalau boleh tahu, berapa perbandingan antara bibit yoghurt dengan susu yang digunakan?

  16. Nurul says:

    mf,,
    saya mau tanya sumber anda mendapatkan cara pembuatan yoghurt,karena saya sedang melaksanakan tesis dan itu sangat saya perlukan.mohon di jawab.terima kasih.

  17. agung cahyawan says:

    saya biasanya pakai beberapa sendok makan saja bibit yoghurt untuk sekitar 2 gelas susu.

  18. agung cahyawan says:

    hasil browsing2 diinternet dan disesuaikan dengan kondisi yang ada dirumah

  19. silvi says:

    dear : Bp agung

    pak, sy ingin belajar bikin yogurth, kalau boleh saya ingin tahu proses pembuatan yogurth dari awal sampai akhir .
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih :D

    silvi

  20. valen says:

    maw nanya donk.. kalo set yoghurt cimory itu bakteriny masih aktif ga ya?? thx

  21. agung cahyawan says:

    sori saya kurang tahu

  22. santi says:

    Sudah ada yang coba Huckleberries fresh, healthy, and real yogurt! The unforgettable flavours you’ve ever had! Harco Pasar Baru. Jl Samanhudi 133. Jakarta 1071. Lt. 3 ext. no. A058

    Muantap tenan. Semua memakai bahan asli tanpa pengental dan pengawet. buahnya segar dan asli. yang belum pernah, yogurt ini layak dicoba. rasanya beda dengan yang ada di pasaran

  23. dani says:

    saya juga lagi cari termometer untuk mengukur suhu proses pembuatan yoghurt (maklumlah pemula, takut gagal kalo pengukurannya gak pas)
    bole tau jenis termometer apa yang digunakan? kalo ada fotonya akan lebih baik..
    trims

  24. agung cahyawan says:

    beli saja termometer di toko peralatan lab, seperti yang dipakai praktikum anak2 sma/smp, yang bentuknya panjang bahan dari kaca

  25. kie says:

    mksh infonya
    mw coba buat yoghurt nih

  26. Franca says:

    mw sharing dikit, boleh ya….
    kami suka membeli susu sapi segar. seblm dikonsumsi, dimasak dulu sampai mendidih (sampai susu berbusa dan naik ke atas… dan sebelum meluber, kompor lgs dimatikan).
    Tanya: jk susu mendidih/berbuih naik…. itu suhunya 73 atau 100 derajat Celcius ya??

    Pernah suatu kali lupa memasak susu (sudah 2 hari di kulkas dan kebetulan freonnya habis shg tidak dingin). Alhiasil, penampilan susu sdh berbeda dan mengental. Tapi saya teringat dg yoghurt, yi susu yang diasamkan (begitu ya? kl salah mohon dikoreksi).
    Lalu sayapun memasak susu itu spt biasa sampai berbuih naik ke atas dengan harapan jadi “yoghurt”. Satu jam kemudian saya minum …. eh… rasanya kok ya mirip yoghurt…..
    Apakah ini termasuk Yoghurt buatan sendiri??
    Stelah itu saya pesan ke ibu saya, kalo ada susu yg kelupaan dimasak, jagn dibuang. tapi masak aja spy jadi yoghurt….
    so, please ur comment ….. many thx ya

  27. rARA says:

    haduuuuuuuuuuukh ….. enk sekali yoghurt nyaa …. miamiiiiiii :D

  28. Lwen says:

    sep.. makasih bung infonya..!! tolong.. tolong..

  29. Bung Lwen says:

    sep.. terima kasih bung infonya..!! tolong..tolong..

  30. Bung Lwen says:

    terima kasih bung infonya..!! tolong.. tolong..

  31. jovinka says:

    kak gampang gak mbuatnya youghurt??????

  32. adra says:

    bibit yoghurt ny d dapat dri mna? sejenis apa yaah? apakah yoghurt yg udh jd?

  33. adra says:

    mhon bantuannya yaah,, lgi ada tgas tntang bioteknologi

  34. agung cahyawan says:

    Gampang. Lebih gampang dicoba daripada baca caranya

  35. agung cahyawan says:

    Pakai saja yoghurt yang sudah jadi, bisa dibeli di supermarket(yoghurt plain) Merek apa saja, yang penting ada tulisan “live culture”, saya pakai merek yummy.

  36. nita says:

    askum, met kenal ada yg mo q tanya’in kl pembuatan yoghurt ud sampai tahap akhir dan di kemas (press) stlh penambahan gula, apa bakteri tetap berkembangbiak, cz yoghurt yg ak bikin makin lama penyimpanan kq rasa asamnya bertambah. taratengkyu salam 2 jari q, di tunggu balasannya

  37. imam says:

    trima kasih….

    mau tanya bibit yoghurt itu apa sih?? trus dimana saya bisa dapat bibit yoghurt?? apa yoghurt yangsudah jadi yang dijual dipasaran dengan berbagai merk itu bisa dijadikan bibit??

  38. yoga says:

    permisi, numpang nanyak…
    kalok mw buat yogurt yang rasa buah tuh di campur bahan apa..?
    apa buah yang di blender trus d campurkan k yogurt atau gmana…

    trus kapan waktu yang baik untuk mencampurkannya…??

    mohon pencerahannya..!

    terima kasih..

  39. agung cahyawan says:

    Terus terang saya tidak begitu sukses membuat yoghurt dengan rasa. Yang saya tahu adalah dgn mencampur yoghurt yg sudah jadi dengan perasa

  40. agung cahyawan says:

    Maaf saya kurang paham

Leave a Reply