Blog dan Komentar

Saya pernah sepintas memperhatikan komentar di blog-blog orang, khususnya yang cukup populer. Biasanya blog yang ramai pengunjungnya, otomatis yang kasi komentar juga banyak. Ini bisa dilihat seperti di blog pak Budi Rahardjo, atau blognya Priyadi. Tetapi ternyata tidak semua seperti itu, blog Jendral TDA, pak Roni Yuzirman walaupun banyak pengunjungnya, dan sangat banyak backlink-nya, bisa dikatakan setiap member TDA pasang link kesana, ternyata komentarnya tidak begitu banyak.

Kalau lihat blognya pak Budi Rahardjo, setiap posting bisa sekitar 30-50 komentar atau di blog Priyadi orang bahkan berlomba-lomba untuk bisa menjadi komentator pertama dan satu tulisan bisa sampai lebih dari seratus komentar, tetapi di blog pak Roni bisa dibilang sepi-sepi saja, banyak tulisan tanpa komentar atau yang ada komentarnya masih dibawah 10 komentar pertulisan.

Dulu saya sempat menduga sebabnya karena di blog pak Roni dipasang shout box sehingga orang jadi merasa tidak perlu tulis komentar, tinggal komentar di shout box saja. Tapi sekarang setelah shout box dicopot ternyata komentar tidak begitu banyak juga.

Jadi saya menduga ada perbedaan karakter dari masing-masing pengunjung blog tersebut, atau bisa juga karena sudah terlanjur banyak yang komentar, orang-orang jadi seperti berlomba-lomba ngisi komentar, bahkan seperti ngabsen saja 🙂

Di blog saya sendiri walaupun tidak banyak, memang karena pengunjungnya juga masih belum banyak, komentar biasanya ada saja.

Tetapi bulan-bulan belakangan ini bisa dibilang tidak ada komentar sama sekali. Awalnya saya anggap memang pengunjungnya kali tidak tertarik mengisi komentar, tapi beberapa hari ini saya merasa ini bukan hal yang wajar, pasti ada sesuatu yang salah.

Ternyata memang benar, hari ini saya menerima email dari Koko, salah seorang pengunjung blog yang mengatakan kalau blog saya tidak bisa dikasi komentar karena ada error dari captcha. Saya tidak tahu persis sejak kapan plugin captcha error, tapi sepertinya sudah cukup lama. Saya juga tidak tahu pasti apa sebabnya, yang jelas pas saya pasang sudah saya coba dan tidak ada masalah.

This entry was posted in Blogroll, Pribadi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply