Selamat Hari Raya Galungan

Hari ini tanggal 20 Agustus 2008 bertepatan dengan Buda Kliwon wuku Dungulan yang merupakan Hari Raya Galungan. Sepuluh hari lagi, Saniscara Kliwon Kuningan merupakan hari raya Kuningan. Hari Raya Kuningan masih merupakan rangkaian dari hari raya Galungan.

Hari Minggu lalu, tanggal 17 Agustus 2008 merupakan jadwal sangkep(rapat) dibanjar. Sangkep selalu dilaksanakan hari Minggu tiga hari sebelum hari raya Galungan. Struktur pemerintahan di Bali sedikit berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Di Bali kami tidak mengenal RT/RW. Dibawah kelurahan/desa adalah banjar. Ada dua macam banjar, banjar dinas dan banjar adat. Banjar dinas melayani urusan KTP dan sejenisnya, mirip seperti tugas Ketua RT/RW sedangkan banjar adat melayani urusan yang berkaitan dengan adat Bali. Beberapa banjar adat membentuk desa adat yang sekarang biasa disebut desa pekraman.

Didalam sangkep biasanya dibicarakan hal-hal yang berkaitan dengan adat, seperti misalnya acara piodalan di pura, termasuk laporan keuangan piodalan-piodalan yang sudah berlalu atau ada aturan yang perlu disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Saya ucapkan “Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan”

Semoga Hyang Widhi Wasa selalu melimpahkan waranugraha pada kita semua.

Suksma…

This entry was posted in Budaya Bali, Pribadi, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply