Pelantikan Gubernur Bali

Hari ini Bali mempunyai Gubernur dan Wakil Gubernur baru karena gubernur dan wagub hasil pilkada yang lalu dilantik hari ini. Selamat buat pak Mangku Pastika dan pak Puspayoga, selamat menjalankan tugas, semoga bisa melaksanakan apa yang sudah dijanjikan selama masa kampanye lalu.

Ini saya post juga misi, visi dan juga program unggulan dari pak Mangku Pastika – Puspayoga yang saya ambil dari www.pastikayoga.org.

VISI DAN MISI
VISI

Terwujudnya Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera atau disingkat menjadi “BALI MANDARA”

Bali Maju
Bali Maju adalah Bali yang dinamis, Bali yang terus bergerak menurut dinamika pergerakan dan perkembangan dunia. Bali yang senantiasa bergerak dan maju dengan tetap menjunjung kesucian dan keikhlasan demi tegaknya Dharma. Bali yang maju adalah Bali yang harus tetap “ metaksu” yang senantiasa meningkatkan kualitas dirinya sebagai daerah tujuan wisata yang handal, berkharisma, dan religius. Bali yang maju adalah Bali yang modern menurut ukuran dan tuntutan nilai-nilai universal yang tidak menyimpang dan atau bertentangan dengan nilai-nilai agama Hindu (Bali) serta adat-istiadat Bali. Kemoderenan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan peradaban sebagai masyarakat yang berada di perkampungan dunia yang terbuka.
Bali Aman
Bali Aman adalah Bali yang “dabdab” teratur sekala niskala. Bali yang memiliki keseimbangan antara korelasi kebutuhan hubungan antar manusia dengan manusia lainnya, hubungan manusia dengan alam lingkungannya, serta hubungan manusia dengan Tuhannya sejalan dengan konsep Tri Hita Karana.
Bali yang aman adalah Bali yang terhindar dari ancaman intervensi virus-virus ideologi yang bertentangan dengan Tri Hita Karana seperti: terorisme, anarkhisme dan virus non traditional threat lainnya yang mewarnai jaman Kali.
Bali Damai
Bali Damai adalah Bali yang diselimuti atmosfir kesejukan lahir bathin serta selalu dalam kondisi “tis” dan kondusif.
Bali Damai adalah Bali yang menggambarkan adanya komunitas masyarakat Bali, baik di perkotaan maupun pelosok pedesaan yang kental dengan suasana briyag-briyug, pakedek pakenyem . Hal tersebut sebagai indikator optimisme masyarakat dalam menatap masa depan yang menjanjikan.
Bali Sejahtera
Bali Sejahtera adalah Bali yang Sukerta Sekala Niskala, sebagai akumulasi diperolehnya kemajuan, keamanan, dan kedamaian.


MISI

1. Mewujudkan Bali yang maju, dinamis, metaksu dan modern.
2. Mewujudkan Bali yang aman, tertib, harmonis, teratur, dan bebas dari berbagai ancaman.
3. Mewujudkan Bali yang Damai, dalam suasana kesejukan, kerukunan dan selalu optimis.
4. Mewujudkan Bali yang Sejahtera, berkecukupan sandang, pangan dan papan, sukerta lahir bathin.

7 (Tujuh) PROGRAM UNGGULAN
  1. Memberikan fasilitas kredit tanpa agunan untuk usaha mikro,kecil, menengah (UMKM) dan membuka lapangan kerja serta menciptakan iklim investasi yang kondusif.
  2. Pendidikan dan kesehatan berkualitas serta bebas biaya untuk masyarakat miskin.
  3. Menjamin ketersediaan sarana produksi dan pemasaran hasil pertanian Bali.
  4. Mewujudkan sistem keamanan berstandar international.
  5. Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan prinsip “Clean Governmentand good governance”
  6. Meningkatkan pendapatan perkapita minimal 2 (dua) kali dari pendapatan perkapitan saat ini.
  7. Mengentaskan kemiskinan dan buta aksara.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply