Parallel Port Interfacing with Java

Mengakses port entah itu paralel ataupun seri menggunakan java bisa dibilang gampang-gampang susah. Susah karena ternyata bisa dibilang dukungan java terhadap interfacing menggunakan port seri dan paralel tidak terlalu bagus. Setidaknya itulah yang saya baca di http://en.wikibooks.org/wiki/Serial_Programming/Serial_Java.

Untunglah ada orang yang membuatnya menjadi lebih mudah. Dari hasil penjelahan di internet, saya menemukan website Parallel port interfacing in Win32, using Java JNI.  Disana kita bisa mendownload Jnpout32pkg_v10.zip (124 KB) yang berisi beberapa buat file, yang utamanya adalah jnpout32pkg.dll, ioPort.java dan pPort.java. ioPort.java adalah untuk membungkus jnpout32pkg.dll yang nantinya diletakkan di windows/system32. ioPort.java mempunyai dua method yaitu :

public native void Out32(short PortAddress, short data);

public native short Inp32(short PortAddress);

yang masing-masing berfungsi untuk mengirim dan menerima data dari Port.

Sedangkan pPort.java berisi method-method yang memudahkan kita untuk menggunakan method Out32 dan Inp32. Misalnya disana ada method setDataBit(short index, short value) yang bisa kita pakai untuk mengeset bit tertentu pada alamat 0x378.

Dua file lainnya adalah ioTest.java yang berfungsi untuk mengetest fungsi apakah program tersebut berfungsi atau tidak dan yang terakhir adalah run.bat. Kita bisa menjalankan ioTest dengan tinggal menjalankan run.bat.

Source code dari jnpout32pkg.dll juga diberikan.

This entry was posted in Electronics, Informasi, Java and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Parallel Port Interfacing with Java

  1. Pingback: Blog Ajung » Running LED dengan JAVA

  2. AL says:

    Teng kyuuuuuuuuuuuuuu bangeeeeeeettttt buat tulisan,,,, heheh 🙂

  3. Zaf says:

    bingung (-.-)

Leave a Reply