SpellingChecker bahasa Indonesia

Saat sedang mengetik dengan menggunakan Office, terlintas dipikiran saya tentang spelling checker bahasa Indonesia. Dulu sempat saya cari-cari tidak ketemu untuk yang MS Office. Kalau untuk yang Open Office sih memang ada.

Saya pikir, mungkin aja sekarang sudah ada, dan setelah gogling ternyata ketemu. Ada seseorang ynag bernama Wayne B. Krause yang membuatnya. Ini saya copy paste :

Tentang Proyek IndoDic E-Kamus ini

Kamus-kamus ini mewakili pekerjaan yang berlangsung selama hampir sepuluh tahun oleh Wayne B. Krause, seorang penutur asli bahasa Inggris, dan tim bahasawan serta para penolongnya dari Indonesia. Proyek ini telah menghasilkan kamus-kamus ringkas bahasa Indonesia yang paling akurat dan lengkap yang pernah ada.

Setiap kamus mencakup lebih dari 50.000 lema. Berbeda dari sebagian besar kamus Indonesia-Inggris yang ada, kamus IndoDic mencantumkan semua variasi kata yang mungkin ada, termasuk sufiks dan prefiks menurut urutan abjad. Cara ini menjadikannya ideal bagi mereka yang belajar bahasa Indonesia.

Kamus-kamus IndoDic tersedia bagi para pengguna Internet (di IndoDic.com) melalui sebuah perjanjian perizinan tersendiri.

Jika Anda mempunyai pertanyaan, komentar, atau saran, hubungi Tim Kamus: (lihat saja sendiri, alamat emailnya pakai image)

Alamatnya : http://www.indodic.com

Pertanyaannya, kenapa yang bikin bukan orang indonesia ya, untung aja ada orang asing yang mau membuatkannya untuk kita.

Ada satu lagi yang sebenarnya sangat diperlukan, thesaurus bahasa indonesia. Versi cetak-nya sih ada, tapi belum ada versi untuk pengolah kata. Jadi pengen beli versi cetaknya 🙂

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply