Rinnai Water Heater tidak mau menyala

Saya dirumah ada water heater merek Rinnai yang pakai gas. Beberapa waktu yang lalu tidak mau menyala karena gas habis. Yang anehnya setelah saya ganti gas, masih juga belum menyala, saya periksa baterainya ternyata masih baik. Jadi apa ya sebabnya?

Untung saya ingat dulu pernah mengalami masalah yang sama. Awal mulanya sama, gas habis trus gas diganti tapi masih belum bisa menyala. Ganti baterai karena saya pikir baterainya yang soak ternyata tidak mengatasi masalah. Terpaksa saya telpon teknisi.

Ternyata yang dilakukan teknisi itu sederhana sekali, dia hanya mencopot selang gas yang ke water heater(tentu sebelumnya harus ingat mencopot regulator gas dari tabung gas agar tidak terjadi kebocoran gas).  Setelah dicopot dan pasang lagi, water heater sudah berfungsi normal.

Kalau tidak salah waktu itu sempat saya tanya sebabnya kenapa, menurut teknisi didalam water heater itu ada valve yang bisa stuck diposisi tertentu dan dengan mencopot selang gas bisa mengembalikan valve itu ke posisi semula.

Simple ya solusinya? Tapi agak menyebalkan juga kalau setiap ganti gas mesti copot selang gas dulu

This entry was posted in Informasi, Pribadi. Bookmark the permalink.

109 Responses to Rinnai Water Heater tidak mau menyala

  1. Hehesigaian says:

    WH polama light batrey tidak hidup kira kira apanya mas..?

  2. Sinumbara says:

    Om water heater saya punya masalah yang sama,,tapi bedanya setelah selang gas saya lepas dan pasang kembali tetap tidak mau menyala,,batrai normal,tekanan air cukup,,saya kira valv gasnya yang bermasalah,,bagaimana cara memperbaikinya??

  3. Abot says:

    Terima kasih info …
    saya sdh cabut selang nya ternyata msh gak hidup jadi saya ambil obeng dan saya tusukkan ke lobang saluran masuk gas …karena disitu ada valve nya …Dan berhasil ( saya pakai heater Rinai )

  4. Dicky water heater says:

    Saya ahli service water heater dari yang tenaga gas, listrik, instan, tenaga matahari dll.
    Hub di 082219232366 siap datang untuk wilayah palembang.

  5. arissrd says:

    Tks Agung Cahyawan membantu teman teman.untuk saran membuka valve/katup gas.ya maksimalkan flame, posisi temperatur dan water volume 50%, buka keran air masuk tunggu sampai bunyi percikan dan akan menyala dan ikuti juga saran bang Abot diatas..silahkan dicoba..Wassalam

  6. Masgino says:

    mau tanya ..kalau butry controlnya nyala terus apa yang bisa dilakukan….?

  7. andy says:

    Saya baru beli waterheater merk modena, sudah saya pasang dan semuanya udah ok, tp tetep gaknyala:, karna gas gak masuk ke water heater, apakah penyebabnya.

  8. Sarman says:

    Kalo tidak ada bunyi percikan api.. apanya yg rusak ya

  9. putu suastika says:

    trims atas infonya, ternyata memang pada klep gas di alat pemanas sering tidak berfungsi setelah gas lpg habis, ini mungkingkin klep sdh kotor , dgn memberikan tekanan tertentu ,klep bisa berfungsi seperti biasa.

Leave a Reply