Rinnai Water Heater tidak mau menyala

Saya dirumah ada water heater merek Rinnai yang pakai gas. Beberapa waktu yang lalu tidak mau menyala karena gas habis. Yang anehnya setelah saya ganti gas, masih juga belum menyala, saya periksa baterainya ternyata masih baik. Jadi apa ya sebabnya?

Untung saya ingat dulu pernah mengalami masalah yang sama. Awal mulanya sama, gas habis trus gas diganti tapi masih belum bisa menyala. Ganti baterai karena saya pikir baterainya yang soak ternyata tidak mengatasi masalah. Terpaksa saya telpon teknisi.

Ternyata yang dilakukan teknisi itu sederhana sekali, dia hanya mencopot selang gas yang ke water heater(tentu sebelumnya harus ingat mencopot regulator gas dari tabung gas agar tidak terjadi kebocoran gas).  Setelah dicopot dan pasang lagi, water heater sudah berfungsi normal.

Kalau tidak salah waktu itu sempat saya tanya sebabnya kenapa, menurut teknisi didalam water heater itu ada valve yang bisa stuck diposisi tertentu dan dengan mencopot selang gas bisa mengembalikan valve itu ke posisi semula.

Simple ya solusinya? Tapi agak menyebalkan juga kalau setiap ganti gas mesti copot selang gas dulu

This entry was posted in Informasi, Pribadi. Bookmark the permalink.

48 Responses to Rinnai Water Heater tidak mau menyala

  1. faizo al farouq says:

    makasih,…karena artikel ini water heaterku jadi nyala lagi,…awalnya jg sama kehabisan gas, trus g bisa,…kucopot pasang lagi ttp g bs,…karena tergelitik dg tulisan “valve” akhirnya ambil lidi,..masuki ke tempat masuk selang gas,..dan pasang selang,……tik tik tik….buzz……bisa mandi air panas lagi deh,…makasih brooo…..

  2. alan says:

    water heater udah saya coba seperti diatas, tapi ngak berhasil, tolong silusinya broo, trims

  3. Handi says:

    Hai…thanks alot ya…aku juga ngalami yang sama dan tadi udah coba solusi itu (selang ngga dicopot cuma dikendorin terus keluar gasnya dikit) dan berhasil…hehehe bener ya menyebalkan kalau harus kayak gini tiap ganti tabung gas

  4. Yana says:

    Awalnya heater saya sama masalahnya seperti mas bro… setelah saya coba solusinya dari artikel ini saya bisa mandi air panas lagi. hehehe
    Thanks bro Agung Cahyawan atas artikelnya,.

  5. hendra says:

    sip, ternyata sangat bermanfaat
    barusan rencana mau panggil teknisi
    ternyata di colok lsg naek katup nya dan langsung tik.tik.tik….buzzz
    hore hidup hemat biaya

    thanks bpk agung yang menulis ini

  6. Tubagus Z says:

    Terimakasih artikel ini sangat membantu. Rinnai saya mengalami hal serupa.. pertama saya kira baterainya soak.. biasanya sih demikian, apabila telah diganti baterai maka akan bagus kembali starternya. Tapi kali ini saya sampe tiga kali coba ganti baterai dengan berlainan merk tetap saja gak hidup. Rencana mau panggil teknisi pada hari ini, namun jawaban diperoleh bhw semua teknisi sibuk, karena banyak yang liburan, long weekend.
    Setelah saya coba petunjuk sesuai artikel ini, eh ternyata tokcerrr. tik tik tik blazzz keluar deh air panasnya.. demikian semoga bermanfaat.

  7. bleinn says:

    wah baru dipraktekkan langsung jalan ini gara2 diputer tombol flamenya tapi merk Modena bro, kasian juga tehnisi dibatalin padahal sudah di sms, anyway thx artikelnya…

  8. Heru says:

    Wah….artikel yang cocok nih ..dari tadi cari2…..nanti akan saya coba..krn water heater dirumah sudah seminggu ini ngadat…lg musim hujan gini…moga berhasil….tp merknya bukan Rinnai……apa prinsipnya sama aja ya? BTW….terimakasih banyak Artikelnya ini

  9. hery says:

    Terima Kasih tips nya..sangat membantu ; masalahnya sama meskipun merk PALOMA – it works !

  10. agung cahyawan says:

    Syukurlah bisa membantu

  11. Xenia says:

    Maksudnya “valve” tuh bagian mana ya? Punya saya merk modena, waktu dibuka pipa tempat masuk gas ada saringannya tidak bisa dimasuki lidi seperti saran2 sebelumnya. Sudah saya cabut selang gasnya tapi tetap tidak nyala. Ada yg tau?
    @bleinn, tombol flamenya diputer ke max apa min?

    Trims

  12. SKY says:

    Waah! kalau punya saya merk Gainsborough lain lagi masalahnya, nyala api kelihatan agak liar berwarna kemerahan dan mengeluarkan asap hitam (seperti nyala api kompor minyak Tanah), waktu baru pasang 1 bulan yg lalu normal dan warna api biru dan tampak bersih, barang kali ada yg bisa memberikan penjelasan apa penyebabnya, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

  13. Terimakasih informasinya, tadinya mau panggil tukang servis setelah baca Blog Ajung dan saya coba langsung nyala lagi, tok cer…

  14. 10701242 says:

    saya mau tanya , valve itu yg mana dan bagaimana mencopotkannya ? maaf masih awam

  15. fahmee (adjo) says:

    Thx sarannya mas… Masalah saya teratasi… Awalnya bingung gmn nyolokin lidi krn ada kawat jaring… Saya tusuk pake obeng aja alias saringannya dicabut… Rinnai,modena dan paloma yg ngadat teratasi… Klo yg mengeluarkan asap hitam kayanya bagian atas dr heater nya kotor ato ada sesuatu kebakar mas coba dicek aja dgn buka baut covernya…

  16. Lilis Haryati Rulani says:

    saya pakai water heater Rinai REU-55RTB, pakai gas yang kecil ko cuma kepakai seminggu ya? padahal kita dirumah cuma ber-4. kakak saya juga palai dan anggota keluarganya 6 orang bisa lebih hemat, gas kecil kepakai i bulanan? kenapa ya ko bisa boros? please

  17. wah bener. bisa nih. thanks bro

  18. iresh says:

    Cara kerja water heater gas seharusnya bagaimana ya?soalnya punya saya ko keluarin air panasnya cuma sebentar kemudian kembali dingin,kl mo panas lg mesti ulang dari awal tutup buka keran.ga stabil dpt air hangat sampai sls mandi.
    mohon infonya,,,,terimakasih

  19. Elisa says:

    thanks infonya sangat membantu sekali

  20. drajat permana says:

    Makasi banget infonya, ngakjadi deh panggil teknisi. tadinya udah bingung mau servis kemana tokcer banget. pokonya TOP BGT deh

  21. chaz says:

    punya saya indikator batere ga nyala, kira2 kenapa yha padahal air dah jalan

  22. salim sunarto says:

    Water Heater Rinai milik saya punya keluhan hampir sama, bila tombol on dipencet gas keluar nan api menyala tapi setelah tombol dilepas mati lagi, tolong kasih tahu mengatasinya.

  23. BAMBS says:

    Pada dasarnya semua merek Pemanas Air yang mengunakan bahan bakar GAS prinsipnya sama, gas akan melalui sebuah katup (VALVE) dan dilanjutkan proses pembakaran, dari pembakaran ini maka air akan menjadi panas tentunya di dalam pipa.
    Hal yang paling penting adalah Katup akan terbuka jika ada tekanan air masuk (Dari tampungan Air ataupun Langsung dari pusatnya) dari sini kita hanya bermain dengan tekanan air. ada sesuatu yang harus kita modifikasi agar tekanan air bisa mengerakkan katup utama ini.
    yaitu dengan cara mengganti peranti katup (spriral / pegas) di dalam rangkaian katup dengan kualitas yang lebih lembek, karena standart pegas pabrikan sangat kuat, sehingga pada kondisi tekanan air yang kurang maka air tidak mampu mengerakkan katup dan pemanas air tidak bisa digunakan. dari tekanan air ini akan mengerakkan katup utama bersamaan dengan switch Elektrikal (Switch pematik api dan indicator Nyala) yang artinya pemanas air siap untuk digunakan.
    jadi :
    1. Ganti Pegas katup dengan ukuran yang sama namun kualitas kelembekan katup yang lebih rendah, rekomen >> belilah pegas di bengkel sparepart kend motor yaitu pegas udjuster tensioner rantai keteng buat motor H Supra/grand harganya sekitar 3 rb perak, tentunya lebih murah dari pemanas air anda dong,,, and next potong pegas sesuai panjang pegas yang akan diganti.
    2. Cara pemasanganya mudah, buka cover penutup dengan obeng plus, anda bisa melihat rangkain pipa2 katup itu berada di antara rangkaian pipa GAS masuk dan Pipa Air masuk.
    segera buka saja dengan obeng plus baut yang mengkikat katup itu.
    3. setelah selesai pasang kembali rangkaian tersebut, jangan lupa seal di sambungan jangan sampai terlewat dan tidak terpasang.
    4. kini alat pemanas air siap untuk digunakan.

    semoga bermanfaat, untuk info lebih jelas silahkan kirim email ke antoxc@gmail.com
    kami akan melayani konsultasi anda..

    Thank

  24. mbe dingin says:

    Makasih buat tipsnya, sy jg berhasil hanya dgn buka selang gas dan pasang lg

  25. rezastevanus says:

    wow .. berhasil juga nih.. kebetulan pressure air dirumah saya sangat kecil, akhirnya ganti pegas dengan pegas tensioner supra fit, lalu dipasang dan JrENGG idup normal.. selamat duit servis deh ..hehehehehe .

  26. mase says:

    Sy baru beli dan pasang merk modena, ketka mau dihidupkan tombol On sy tekan lampu indiktor battery tidak menyala, sy tunggu bbrp saat tidak ada reaksi apapun,, sy jadi bingung. Apakah barang yg sy beli dalam keadaan rusak atau memang awalnya spt itu ? Mohon info dan solusinya …

  27. juni says:

    KALO PUNYA SAYA SETELAH NYALA BEBERAPA DETIK MATI LAGI APINYA, KENAPA YA? PART APANYA YANG PERLU DIGANTI, SEMENTARA SOLUSI YANG DIATAS SUDAH SAYA COBA

  28. budi says:

    wah…. mantaffffff …… mas bro !!!!!!!!! thanx…. berat…..

  29. BAMBS says:

    Sdr Mase & Juni,,,

    menanggapi komentar anda, Masalah anda adalah Preasure AIR, jadi silahkan lakukan langkah di post saya diatas

    Thanks semoga membantu

  30. Mantabbb…… trmkasih Mas Antok sharring ilmunya, di rumah saya tekanan air pdam pada saat beban puncak (pagi dan sore) dpt dipastikan tekanan air pam sangat lemah, dan wtr heater tdk berfungsi, ternyata benar hanya masalahnya preasure air yg kurang kuat/lemah, setelah pegas katub water heater modena saya ganti dengan spiral pegas tensioner spd motor honda supra sekarang saya sekeluarga disetiap saat dapat mandi dengan air hangat.

    salam dari Pakis Jajar – Malank

  31. ade says:

    Berapa meter maksimal panjang selang gas biar bisa berfungsi dengan baik gan ?

  32. Kun2 says:

    @ade: saya pake selang gas 15 meter masih bisa kok..

  33. Doni says:

    Akhirnya tetap harus memanggil teknisi rinnai, ternyata karet membran gas yang harus diganti (sekitar 55rb) plus ongkos service (95rb), estimasi 1 minggu.

  34. Rock says:

    mas kalo punya ku pilotnya ga mau nyala knp ya ?

  35. Mamang Ujang says:

    Trim,S atas informasinya, akan saya coba, smoga water heater yang baru beberapa bulan dan sulit nyala tiap ganti gas dapat kembali normal.!

  36. Cakka says:

    Tolong tanya letak gas valve itu dimana ya?

  37. Moh baharuddin says:

    Saya punya merk harman jp sama masalahx air kencang bateray baru tetap aja gas tdk masuk yg otomatis punya putar krank nyala sendiri tolong bagaimana mengatasix

  38. mukhlis says:

    Terima kasih atas infonya, setelah browsing kesana kemari gak ada solusi. Gan kslsu punya sy di posisi hot gak mau hidup apinya, tp pemantiknya aktif. Kakau di posisi warm langsung nyala apinya. Itu dimana masalahnya gan?

  39. Andrew says:

    Pagi ini saya sempat menggunakan water heater Wasser W-506 saya dan masih berfungsi normal. Tapi saat mau dipakai siang ini sudah tidak mau nyala apinya (tapi pematiknya nyala). Sudah saya ganti baterai pun masih tidak bisa. Lalu saya coba terapkan cara ini dengan membuka selang regulator yang terhubung dengan water heater (setelah melepas regulator dari tabung gas) dan terdengar suara “pssh”. Setelah itu, saya pasang lagi dan water heater kembali berfungsi normal.

    Terima kasih Gan atas informasinya. Super helpful!

  40. koko says:

    saya punya wasser sdh 3 thn, sprti biasa ngadat kalo ganti tabung gas. biasanya sblm pasang gas cm getok2 regulator pake tangan spy pelor pengamannya gak lengket atau getok2 water heaternya jg pake tangan, atau paling ganti batere kalo gak keluar tik tik tik api. nah ini udah sminggu ngadat. ganti regulator udah, ganti selang udah, ganti apalagi yaaaa… oh iya ganti waterheaternya. pake modena, setelah dipasang loh kok sama aja ngadat padahal baru, gonta ganti regulator, getak getok, sama aja gak panas cuma tik tik tik api. jangan2 karet katup gasnya lengket, ya udah switch off dulu trs lepas selang dr tabung, trs lepas selang di water heater, buka saringannya pake pinset, trs pake obeng gepeng kecil masukin lalu digeser2 maju mundur katupnya, lalu pasang semua selang dan akhirnya tokcer tik tik tik blazzzzz….air panas keluar.

    kesimpulannya kalo lg ngadat setelah ganti tabung gas, penyakitnya kalo gak pelor pengaman di regulator yg lengket atau katup karet gas di water heaternya yg lengket.

  41. Max says:

    thanks Bro, akhirnya bisa juga selesai problem water heater modena saya. padahal sudah telp service center dan tunggu 4 hari baru datang. jadi harus batalkan order nech.

  42. Fadlan Pos says:

    yng dirumah saya merk rinai tetapi bunyi “ctaak” nya sering mau sering tidak, apanya ya ? padahal tekanan air sdh tinggi. mhn petunjuknya. tks fadlan

  43. andi susanto says:

    saya baru pasang merk waser 506 waktu di coba air keluar hangat , tapi pas watu mau di pakai sore hari ngak mau nyala , hanya bunyi tek tek pemantiknya saja. kiira kira apa solusinya ya ?

  44. Mas. Joyo says:

    Matur nuwun, informasinya sudah saya praktekan alhamdulillah berhasil. jazakumullahu …………

  45. HAR SULISTYO UTOMO says:

    Mohon infox dimana saya bisa mendapatkan pematik water heater. Saya tunggu puenting sekali….

  46. triyogo says:

    Saya baru beli Paloma PH5RX tapi setelah saya pasang dan saya coba nyalakan tidak ada pengapian. Suara pemantik terdengan dan terdengar juga suara katup membuka. Menurut teknisi Paloma ( via telp ) kemungkinan gas tidak mengalir. Saya menggunakan regulator yang biasa dipakai di kompor.
    Disarankan oleh teknisinya untuk menggunakan regulator yang tidak otomatis (tidak menggunakan bola bola ). Apakah memang demikian? bagaimana kalau terjadi kebocoran gas dan regulator tidak menutup otomatis? mohon pencerahannya.

  47. abimanyu says:

    Terima kasih atas pencerahan artikelnya..sudah 1 bulan mandi pagi kedinginan..alhamdulillah..lewat artikel ini saya sudah bisa mandi air hangat..cukup pasang…nyalakan…matikan..buka regulator…angkat…pasang lagi…nyalakan…tik..tik…tik…buzzzz….alhamdulillah…hehehehe…sekali lagi terima kasih…

  48. Enur says:

    Boleh dicoba juga menghubungkan body valve (biasanya terdapat baud) dengan ground (tembok) memakai kabel. Gunakan paku beton untuk menempelkan kabel ke tembok.

Leave a Reply