Rinnai Water Heater tidak mau menyala

Saya dirumah ada water heater merek Rinnai yang pakai gas. Beberapa waktu yang lalu tidak mau menyala karena gas habis. Yang anehnya setelah saya ganti gas, masih juga belum menyala, saya periksa baterainya ternyata masih baik. Jadi apa ya sebabnya?

Untung saya ingat dulu pernah mengalami masalah yang sama. Awal mulanya sama, gas habis trus gas diganti tapi masih belum bisa menyala. Ganti baterai karena saya pikir baterainya yang soak ternyata tidak mengatasi masalah. Terpaksa saya telpon teknisi.

Ternyata yang dilakukan teknisi itu sederhana sekali, dia hanya mencopot selang gas yang ke water heater(tentu sebelumnya harus ingat mencopot regulator gas dari tabung gas agar tidak terjadi kebocoran gas).  Setelah dicopot dan pasang lagi, water heater sudah berfungsi normal.

Kalau tidak salah waktu itu sempat saya tanya sebabnya kenapa, menurut teknisi didalam water heater itu ada valve yang bisa stuck diposisi tertentu dan dengan mencopot selang gas bisa mengembalikan valve itu ke posisi semula.

Simple ya solusinya? Tapi agak menyebalkan juga kalau setiap ganti gas mesti copot selang gas dulu

This entry was posted in Informasi, Pribadi. Bookmark the permalink.

65 Responses to Rinnai Water Heater tidak mau menyala

  1. num lock says:

    tq bgt broooooooooooooooooo

  2. triadi says:

    Makasiiih….akan kami coba brooo

  3. Moch. Rosyid says:

    aku juga nemui hal yang sama tapi mereknya Wasser. masih garansi tetapi bengkel yang ditunjuk untuk perbaikan menolak karena sudah satu bulan ini kerjasama dengan Wasser sudah diputus. Kalo di luar masa garansi, sudah saya bongkar sendiri.

  4. yudi says:

    sama semua merk begitu masalahnya ……bongkar dulu ……

  5. siip it’s work

    thanks

  6. hendra says:

    Gan, sy punya masalah dgn api ?ª?? menyalanya merah berkobar-kobar sampe ngluarin jelaga byk. Dah gtu ke airnya jg panas. Cuma bentar. Apanya yah ???

  7. sukarmo says:

    Water heater gas saya suka mati sendiri saat di pakai kenapa y

  8. sahrudin says:

    water heater gas kami jalan terus mati ,lagi apa ,nya ya ,,

  9. kodri says:

    sy juga pakai pemanas waserr. tekanan air kecil yg bikin api mati tiba2@ pengalaman sendiri

  10. Johan says:

    Apakah untuk merek paloma juga bisa dilakukan hal yang sama?

  11. mz didik says:

    ada beberapa regulator yang tidak bisa untuk water heather, biasanya panas bentar lalu mati,kalo merah berjelaga itu biasanya kotor.. saya jualan regulator dan juga servis kompor, kadang juda perbaiki water heather, untuk servis bisa menghubungi saya 085755081920, khusus wilayah sby, gresik, sidoarjo, tarif saya terjangkau hasil memuaskan.. insya Allah

  12. Wah infonya berguna sekali. Saya lokasi di bali, dr 2 minggu yang lalu masalah ama water heaternya. Bsk pagi dicoba deh sarannya. Thx ya :)

  13. huri5618 says:

    thank bgt…td paloma ku gak mau nyala..ganti gas & battery jg sama…akhirnya baca blog ini..trus lepas selang yg deket paloma..trus pasang lagi..nyala dech…thanks

  14. TangerineDream says:

    tks..masalah selama ini bisa solved

  15. AA says:

    Ane juga ngalamin Gan.. Ternyata sumber masalah ada di regulator nya. Di regulator ada semacam stopper jadi gas tidak mengalir. Copot terus kocok2 aja terus pasang lagi regulator nya.

Leave a Reply