Virtual Serial Port Emulator

Saat ini komputer keluaran terbaru jarang dilengkapi dengan serial port. Kalau PC mungkin masih ada yang mempunyai serial port, walaupun sudah agak jarang. Apalagi laptop bisa dikatakan hampir tidak ada lagi laptop keluaran terbaru mempunyai bawaan serial port. Padahal kadang kita masih memerlukan serial port.

Pilihan yang mungkin adalah dengan membeli USB to Serial device. Tapi kadang kalau kita sekedar membangun suatu sistem yang menggunakan serial port, dan tidak perlu dicoba dengan hardware secara langsung, kita tidak perlu membeli atau menggunakan USB to serial. Kita cukup menggunakan virtual serial port emulator.

Ada beberapa software emulator yang tersedia, tapi software yang biasa saya pakai dan juga kebetulan freeware  adalah Virtual Serial Port Emulator(VSPE) keluaran eterlogic(http://www.eterlogic.com).  VSPE gratis untuk yang 32bit, kalau yang 64bit tidak gratis.

Software tersebut dapat didownload di http://www.eterlogic.com/Downloads.html.

Ini saya tampilkan beberapa screen shotsnya :

Bagaimana cara menggunakannya akan saya tampilkan pada posting berikutnya, walaupun sebenarnya memakai software ini tidak susah, tinggal dicoba-coba saja 🙂

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply