Aplikasi Gisto untuk menyimpan potongan program di Gist

Sebagai seorang dosen yang mengajar beberapa matakuliah pemrograman, saya sering berurusan dengan kode program yang menjadi pelengkap mengajar, agar mahasiswa bisa paham konsep yang saya ajarkan. Potongan program itu biasa dikenal dengan nama snippets.

Biasanya potongan program itu saya simpan di direktori laptop. Yang menjadi masalah adalah setelah berjalan waktu, sering saya lupa mana program yang jalan, dan mana program yang diubah2 untuk menunjukkan beberapa variasi ke mahasiswa. Kadang malah saya lupa dimana saya taruh source code yang sudah saya buat semester yang lalu ketika saya kembali mengampu mata kuliah itu.

Akhirnya saya mencari-cari aplikasi yang bisa dipakai untuk menyimpan potongan program itu. Ada beberapa aplikasi yang saya temukan, ada yang berbasis desktop, web. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Awalnya saya ingin mencari yang berbasis desktop, tapi aplikasi yang saya temukan databasenya tidak bisa disetting tempatnya, otomatis disuatu tempat di drive C. Kalau ada suatu masalah,  dan harddisk harus diformat tentu bisa sia-sia usaha saya mengumpulkan potongan program tersebut.

Ada juga yang berbasis desktop, yang databasenya disinkronkan diprivate cloud. Cuma yang menjadi masalah adalah tidak ada cara untuk mengambil semua data kita sekaligus. Pendekatan seperti ini tentunya juga akan bisa merepotkan dikemudian hari.

Akhirnya saya menyimpan di gist, suatu penyimpanan snippets yang menggunakan account git. Saya rasa ini adalah tempat yang cukup aman, karena bersifat terbuka. Yang sedikit menjadi masalah adalah sifatnya yang web based. Tapi tidak apalah, itu tidak terlalu menjadi masalah.

Tetapi ternyata barusan saya menemukan aplikasi desktop yang bisa mengupdate gist, yang namanya gisto. Aplikasi ini menjawab apa yang saya butuhkan 🙂

Gisto bisa didownload di : http://www.gistoapp.com/

 

 

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply