Mengatasi pemantik kompor gas yang tidak mau menyala

Beberapa waktu yang lalu saya diberitahu oleh istri saya kalau kompor gas tidak mau menyala. Setelah saya periksa, pematik normal, saat dinyalakan pemantik menyala tetapi kompor tidak menyala padahal gas keluar dari tungku. Saya periksa lebih lanjut ternyata gas tidak keluar dari ujung pemantik.

Dari pengamatan saya, ternyata cara kerja pemantik gas cukup sederhana. Ada dua jalur yang berbeda untuk gas ke tungku dan ke pemantik. Jalur ke tungku ukurannya relatif lebih besar sedangkan yang ke ujung pemantik jauh lebih kecil ukurannya.

Saat kompor akan dinyalakan, ada gas yang keluar dijalur pemantik yang dinyalakan oleh pemantik. Saluran gas ke pemantik akan mengalir sepanjang kenop kita tekan. Begitu kenop dilepas maka aliran gas ke saluran pemantik akan berhenti. Begitu gas dipemantik menyala, akan keluar semburan api ke arah lubang tungku. Karena disana ada gas juga, maka tungku akan menyala.

Biasanya masalahnya adalah saluran ke pemantik terhambat karena ada semacam jaring laba2 didalamnya. Kenapa bisa ada semacam itu disana, karena api hanya menyala dibagian ujungnya. Gas baru akan menyala setelah ketemu oksigen. Solusinya sederhana saja, masukkan saya lidi untuk menghilangkan hambatan didalamnya, maka kompor gas akan menyala dengan normal.

Saya pernah menggunakan pendekatan yang berbeda, dengan membakar saluran itu 🙂

Cara ini efektif tapi tidak saya sarankan karena agak beresiko.

ps. saya bukan tukang kompor gas, jadi pengetahuan saya tentang kompor gas hanyalah masalah yang kebetulan saya hadapi dan cari pemecahannya 🙂

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

29 Responses to Mengatasi pemantik kompor gas yang tidak mau menyala

  1. huda says:

    matur nuwun gannn!!!! ces pleng!!!!

  2. fathur says:

    Oke saya coba. Smg berhasil

  3. aries says:

    Mantap mz bro….casplang…

  4. Makasih tipsnya sangat membantu

  5. PUTRA says:

    tips dariku:
    jika kompor tidak menyala, sebabnya karena pada saluran regulator yang keselang yang tertutup sama material kecil berwarna emas yang ada didalam regulator sehingga material tersebut harus kita tekan dengan lidi melalui lubang keluarnya gas dari regulator ke selang.

    SOLUSI : buka pengikat selang yang pada regulator kemudian masukan lidi kedalam lubang regulator supaya gas tidak tetutup material kecil berwarna emas tersebut. kemudian pasang kembali kabel regulatornya.

    sekian, semoga bermanfaat.

  6. Ari says:

    Maksudnya lubang kecil dekat pemantik api nya ya ? sudah saya colok pake lidi tetep ngga nyala (satu tungku). Adapun tungku yang satunya nyala normal.

    Putra : Solusi tersebut mungkin jika tidak nyala 2-2 nya ya (ke-2 tungkunya mati) ?

  7. ray says:

    Makasih infonya gan, udah saya buktikan lgsg tokcer

  8. armand says:

    Bro Putra txs y info’y kompor gas w udh ON lgi…

  9. ary says:

    thks tipsnya sudah berhasil

  10. hendrik says:

    Jika nyala kompornya tidak normal apa solusinya bagaiman cara mengatasinya???

  11. ghozy says:

    Makasih gan infonya kompor ane udh tokcer lagi.

  12. Kang Agus says:

    mks akhirnya kompor gas aku menyala lagi saluran pematiknya di ketuk2 sama obeng eh langsung ces plenkkkk sip mks ya mas

  13. rien says:

    wah beneran terbukti makasih ya

  14. Batu Akik says:

    Cespleng gan…..makasih ya

  15. Bambang hidayat says:

    pemantiknya sudah diputar tapi nggak bunyi saat diputar itu kenapa yaa

  16. atika says:

    Menekan dengan lidi di regulator nya sudah,membersihkan lubang saluran ke pemantik sudah,tapu tetep gag mau nyala,pas sy ulang lagi dengan melepas selang dr regulator,sy lihat besi emas itu balik lagi,sy tekan lagi pakai lidi..tapi gag nyala juga…apa yg salah yah

  17. dhanithea21 says:

    Ok gan, mksh infonya!
    Kebetulan kompor di Rmh sy jg lg ngadat pemantiknya, lsg aja Sy praktekin di TKP. Smg berhasil!!

  18. ali muhajir yusuf says:

    Akan saya coba tips nya..tks bro

  19. didik says:

    ada yg punya pengalaman utk kompor gas tanam, pemantik pakai bateray. tp saat cb d nylakan katup kompor pemantik tdk bereaksi….?

  20. eman says:

    Hati hati kalau kompor gas tidak mau menyala padahal tabung gas baru beli, karena ini ada indikasi kebocoran , baik pada selang, saklar pemantik atau pipa yg ada dibawah tungku. Kenapa kompor tidak mau menyala jika ada kebocoran ? Didalam pembuatan regulator di pabrik sudah disertakan system proteksi yg gunanya adalah menghindari bahaya kebocoran gas yg akan memicu terjadinya ledakan yg diakibatkan terkonsentrasinya gas didalam suatu ruangan yg apabila ada pemicu seperti kita menyalakan lampu likstrik maka akan memicu ledakan seperti kebanyakan kejadian kejadian yg sering kita dengar dan sesungguhnya yg meledak itu bukan tabung gasnya sprt yg kebanyakan masyarakat awam duga. Tabung gas tidak akan pernah meledak, yg meledak itu adalah ruangan yg sudah terisi oleh gas dan dipicu oleh apapun sprt misalnya hp sekalipun. Kebocoran pada jalur distribusi gas dari regulator ke tungku ini adalah salah satu penyebab terjadinya kompor tidak mau menyala. Kenapa kompor tidak mau menyala, karena didalam regulator sdh ada pengaman yg bernama ball valve yg akan secara otomatis menutup aliran suply gas. Kenapa ball valve bisa mengetahui adanya kebocoran ? Karena tekanan gas yg keluar dari regulator sudah diatur besarannya. Apabila ternyata aliran gas keluar dr regulator lebih besar dr yg sudah ditentukan pabrik (yg mungkin diakibatkan dimakan tikus), ini akan scr otomatis (ball valve) akan menutup suply aliran gas. Demikian

  21. yusuf says:

    Its work gan, sy amplas dan tusuk pake lidi, thx kompor elextrolux sy nyala lg

  22. Sekarang saya ngalami hal ini…meski punya saya berupa camping stove sih tapi saya pikir prinsip kerja mereka sama. Nanti coba saya praktekan….hihihihiiiiiii~ Nice sharing mas….ijin share yaa. Thank you..

  23. Nazir says:

    Terima kasih banyak infonya… memang tokcer dan terbukti

  24. Tri Mulat says:

    Bila tombol pemantik susah di putar, buka pemantiknya dengan obeng. lalu disemprot dengan cairan anti karat. setelah cairan masuk diamkan sebentar dan tombol di putar dengan obeng minus. caranya ada di https://www.youtube.com/watch?v=ftxAY9y63Hw

  25. Mona says:

    Ass, Maksud yang dimasukkan lidi apanya? trims dari bu mona

  26. Jy says:

    Thank gan gak jadi beli kompor gas baru,

  27. Jay Tea says:

    Alhamdulilah,barusan saya praktekkan dan berhasil..trima kasih udah share ilmunya.

  28. Faris says:

    Maaf sebelum nya. Saya mau tanya. Saya habis bongkar pemantik gas…setelah saya bongkar semua. Dan saya pasang kembali. Malah keluar api dari pemantik atau pemantik juga ikut keluar api

  29. Isal says:

    Kompor gas sy blue gas 2 tungku, 1 normal..satunya tdk normal. Mncul suara kencang api tdk mnyala. Spuyer, n burner sdh dbrsihkan blm ada prubahan. Apa ada solusi gan…??

Leave a Reply