Teknik menyimpan catatan di web

Sejak pertama kali saya mengenal web, sudah terpikir bagaimana caranya menyimpan informasi yang ada di internet sehingga bisa dibaca sewaktu waktu tanpa mesti mengunjungi web tersebut lagi.
Cara yg paling sederhana adalah dengan menyimpan halaman web tersebut dengan format aslinya, yaitu dengan format html. Tapi yg menjadi masalah adalah cara ini akan menghasilkan banyak file, mulai dari file  html, image dan berbagai file lainnya. Apalagi saat itu, dimana html baru lahir, orang suka sekali membuat dokumen yang saling sambung menyambung yang malah membingungkan buat yang membacanya. Saat itu sepertinya orang sedang keranjingan dengan fitur hypertext dari html.


Belakangan saya menemukan software yg bisa mengubah halaman web menjadi pdf. Waktu itu solusi tsb cukup baik, saya sempat menggunakannya juga. Kemudian muncul softwware site grabber yg bisa mengambil seisi web. Cara ini juga sempat populer dulu walaupun sekarang tidak populer lagi. Kenaoa dulu cara ini disukai, saya rasa berkaitan dengan kondisi internet saat itu. Dulu kita tidak setiap saat terhubung ke internet, banyak yg terhubung ke internet hanya dikampus atau dikantor. Jadi saat dirumah bisa membaca apa yg sudah didownload secara offline.
Saat ini, walaupun kita sudah selalu terhubung ke internet, keperluan menyimpan informasi di web tetaplah ada tapi dengan cara yang berbeda. Saat ini saya  menggunakan evernote untuk mencatat berbagai hal. Dengan catatan disimpan dicloud, saya bisa membaca catatan saya dimana saja, entah itu menggunakan pc, laptop, tablet ataupun blackberry. Setiap ada perubahan, akan selalu di sinkronisasi ke divais lainnya.
Selain itu, fitur webclipper yang merupakan plugin dari chrome benar2 mempermudah saya menyimpan halaman web. Dan bagusnya, hanya artikel yg disimpan, tidak dengan header, navigasi ataupun iklannya. Coba deh 🙂

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

One Response to Teknik menyimpan catatan di web

  1. Iya gan.. Terima kasih atas info nya.. selain Evernote, saya juga mengunakan notepad.cc dengan syarat info yang disimpan di website tsb tidak sensitive, karena notepad.cc tidak mengunakan https

Leave a Reply